JKMS : Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 13 No 1 (2024): Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS)

PENGELOLAAN KOMUNIKASI PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN PANTAI KONENG MEDANG KAMPAI KOTA DUMAI

Saputri, Aisyah Aldi (Unknown)
Nurjannah, Nurjannah (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 May 2024

Abstract

Pantai Koneng adalah salah satu objek wisata tepi laut di Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai. Daerah yang berhadapan langsung dengan negara Malaysia dengan potensi wisata perairan yang menarik. Dimulai dari tahun 2017 pantai koneng sudah berhasil dikunjungi oleh ratusan ribu pengunjung dengan daya tarik alamnya, pelaksanaan komunikasi pariwisatanya, hingga seluruh fasilitas penunjang yang mendukung wisatawan untuk mengunjungi Pantai Koneng. Tujuan penelitian ini, untuk menganalisis komunikasi pariwisata dan manajemen komunikasi pengelola dalam meningkatkan kunjungan wisatawan Pantai Koneng Medang Kampai Kota Dumai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan data menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam kegiatan komunikasi pariwisata yang dilakukan dalam meningkatkan kunjungan wisatawan Pantai Koneng Medang Kampai Kota Dumai melibatkan Pengelola, pemerintah dan juga wisatawan sebagai komunikator.  Pengelolaan pesan  bersifat informatif dan komunikatif, dengan menggunakan media sosial seperti Tiktok dan Facebook, media online seperti website resmi DISKOPAR serta menggunakan media cetak berupa brosur dan spanduk Masyarakat umum dilibatkan sebagai komunikan dengan feedback wisata pantai koneng menjadi dikenal.  Pengelolaan dalam pengembangan destinasi wisatanya sangat baik dalam meningkatkan kunjungan wisatawan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JKMS

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS) accepts all research and scientific papers from researcher, academics, practitioners who work in the field of media and communication applied studies which may include to these fields: Journalism Public relations Phenomenology Studies Marketing Communication ...