Korean Wave yang meningkat telah menarik remaja Indonesia untuk belajar bahasa Korea melalui K-Pop dan K-Drama. Noonbit Academy menawarkan kelas bahasa Korea bagi pemula yang sangat diminati. Penelitian ini menganalisis komunikasi instruksional dalam pengajaran ‘Korean Class for Beginner’ di Noonbit Academy secara daring. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah 5 informan yang dipilih secara purposive. Analisis data dilakukan dengan metode interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan berbagai metode komunikasi instruksional seperti demonstrasi, belajar mandiri, tanya jawab, pekerjaan rumah, dan studi kasus. Media yang digunakan adalah Zoom dan Whatsapp, dengan Zoom mendukung interaksi langsung dan fitur-fitur pendukung pengajaran. Hambatan komunikasi instruksional meliputi kesulitan guru dalam mengatasi kurangnya partisipasi murid, gangguan jaringan internet, dan perbedaan bahasa serta pengalaman di antara murid. Kesimpulannya, meskipun terdapat hambatan, berbagai metode dan media yang digunakan dapat mendukung proses pembelajaran bahasa Korea secara daring.
Copyrights © 2024