Jurnal Bisnis
Vol. 12 No. 2 (2024): Desember

Potensi Pasar Tradisional Untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Dalam Ruang Lingkup Islam

Fitria, Milda (Unknown)
Rundani, Iin (Unknown)
Nurjannah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi ekonomi pasar tradisional dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Muslim melalui pendekatan ekonomi Islam. Metodologi/Pendekatan: Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi lapangan dan wawancara kepada pelaku pasar di Pasar Prenduen. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pasar Prenduen memberikan kontribusi signifikan terhadap pendapatan rumah tangga, mendorong peredaran produk lokal, serta menjadi wadah penerapan nilai-nilai ekonomi Islam dalam kegiatan jual beli. Implikasi Praktis: Optimalisasi pengelolaan pasar tradisional berbasis nilai-nilai ekonomi Islam dapat menjadi model pembangunan inklusif berbasis komunitas. Kebaruan: Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan literatur ekonomi Islam, khususnya dalam konteks pasar tradisional sebagai pendorong kesejahteraan masyarakat

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ilejurnalojs

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Bisnis merupakan jurnal ilmiah untuk bidang ilmu akuntansi yang berfokus pada isu-isu kontemporer, seperti:  1. Manajemen Pemasaran 2. Manajemen Keuangan & Perbankan 3. Manajemen SDM 4. Manajemen Operasi & SIM 5. Kewirausahaan 6. Akuntansi Keuangan 7. Akuntansi Manajemen 8. Audit 9. ...