ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran projek kelas IV SD N Tunggulsari 1 Surakarta dan kegiatan-kegiatan pada saat terlaksananya pembelajaran projek. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu berupa: (a) observasi; (b) wawancara; dan (c) studi dokumen. Dari data-data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan langkah-langkah, meliputi (1) mengempulkan data (2) menganalisis data, dan (3) menyimpulkan data. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif hasil yang didapat yaitu Implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran projek kelas IV SD N Tunggulsari 1 Surakarta sendiri dibagi menjadi dua kegiatan, yaitu pembelajaran projek pada setip mata pelajaran dan projek bagi sekolah. Pembelajaran projek dilaksanakan selama satu tahun pada semester I dan semester II. Untuk pembelajaran projek mata pelajaran meliputi, (1) mata pelajaran seni rupa dengan projek berupa membuat kolase dari pelepah pisang dan membuat tempat pensil dari kardus; (2) mata pelajaran seni tari dengan pembelajaran projek berupa tari; (3) mata pelajaran Bahasa Jawa dengan pembelajaran projek pengenalan makanan tradisional kepada peserta didik; dan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan pembelajaran projek berupa membuat poster berupa iklan salah satu prodak.Kata kunci: Kurikulum Merdeka; Pembelajaran Projek; Sekolah Dasar ABSTRACTThis research aims to find out the implementation of the Independent Curriculum in class IV project learning at SDN Tunggulsari 1 Surakarta and the activities during project learning. Data collection techniques used in this study are in the form of: (a) observation; (b) interviews; and (c) document study. From the data that has been collected then analyzed by steps, including (1) collecting data (2) analyzing the data, and (3) concluding the data. The method used in this research is descriptive qualitative. The results obtained are the Implementation of the Independent Curriculum in class IV project learning at SD N Tunggulsari 1 Surakrta itself is divided into two activities, namely project learning in each subject and projects for schools. Project learning is carried out for one year in semester I and semester II. For project learning the subjects include, (1) fine arts subjects with projects in the form of making collages from banana stems and making pencil cases from cardboard; (2) dance subjects with project learning in the form of dance; (3) Javanese language subjects with project learning of the introduction of traditional foods to students; and in Indonesian subjects with project learning in the form of making posters in the form of advertisements for one product.Keywords: Independent Curriculum; Project Learning; Elementary School
Copyrights © 2023