AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif dengan penguasaan konsep dasar IPA pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Gugus 2 Kecamatan Cipayung Kota Depok. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik korelasional. Sampel yang digunakan sebanyak 100 siswa. Berdasarkan uji normalitas menggunakan SPSS Versi 25 diperoleh nilai 0,2 > 0,05. Uji linieritas diperoleh 0,784 > 0,05, maka dikatakan bahwa data tersebut signifikan atau ada hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif dengan penguasaan konsep dasar IPA. Berdasarkan hasil hipotesis diperoleh data bahwa kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif dengan penguasaan konsep dasar IPA rxy sebesar 0,376 > 0, 195. Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang rendah antara kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif dengan penguasaan konsep dasar IPA memberikan kontribusi sebesar 37,6% disebabkan karena peralihan kondisi belajar siswa pasca covid dan tema penelitian ini belum pernah dilakukan.Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Berpikir Kreatif, Penguasaan Konsep Dasar IPA
Copyrights © 2024