Para guru masih menghadapi berbagai tantangan dalam melaksanakan tugasnya. Beberapa di antaranya adalah keterbatasan sarana dan prasarana pendidikan, akses yang terbatas terhadap pelatihan dan pengembangan, serta perubahan paradigma dalam metode pembelajaran. Penelitian dengan judul “Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Menyusun Modul Ajar” ini bertujuan untuk mengidentifikasi apakah melalui supervisi akademik dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun modul ajar, kemudian untuk menganalisis bagaimana langkah-langkah supervisi akademik agar dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun modul ajar. Supervisi akademik yang dibahas dalam penelitian ini ialah serangkaian aktivitas yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan pendidik pada pengelolaan proses belajar mengajar demi terwujudnya pendidikan yang berhasil dimana ilmu dapat disampaikan dengan baik. Modul ajar dikembangkan dengan berpedoman pada capaian pembelajaran yang mana targetnya adalah Profil Pelajar Pancasila . Modul ajar ini dapat berupa metode, sarana, media, pedoman, ataupun petunjuk yang dirancang sedemikian rupa sehingga dapat memaksimalkan pembelajaran. Modul ajar ini merupakan implementasi dari Alur Tujuan Pembelajaran yang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang dilakukan di SDN Pesantren Kota Semarang. Penelitian tindakan adalah intervensi praktis di dunia nyata yang bertujuan memperbaiki situasi praktis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif di mana peneliti bertindak sebagai perencana, pelaksana, pengumpul, penganalisis data, serta pelapor hasil penelitian. Dalam studi ini, supervisi klinis dilaksanakan melalui empat langkah: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Supervisi akademik ini dapat meningkatkan kemampuan pendidik dalam menyusun modul pembelajaran yang terdiri dari berbagai alat atau sarana media, metode, petunjuk, dan pedoman yang dirancang dengan menarik dan sistematis.Kata kunci: Kompetensi Guru; Modul Ajar; Supervisi Akademik
Copyrights © 2024