SEGMEN Jurnal Manajemen dan Bisnis
Vol 21, No 2 (2025): SEGMEN Jurnal Manajemen dan Bisnis

PENGARUH WARNA KEMASAN PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MEDIASI KUALITAS PRODUK PADA DONAT MADU CIHANJUANG DI KOTA CIREBON

Chorela, Devi (Unknown)
Badawi, Badawi (Unknown)
Yulianty, Puspa Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2025

Abstract

Perilaku konsumen dalam memilih camilan seperti donat dipengaruhi oleh elemen visual dan nilai ekonomis. Penelitian ini menganalisis pengaruh warna kemasan (X1) dan harga (X2) terhadap keputusan pembelian (Y), dengan kualitas produk (Z) sebagai variabel mediasi, pada konsumen Donat Madu Cihanjuang di Kota Cirebon. Latar belakang penelitian didasarkan pada meningkatnya daya tarik visual dan sensitivitas harga di pasar makanan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis PLS-SEM pada 125 responden melalui purposive sampling. Hasil menunjukkan bahwa warna kemasan dan Harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, baik secara langsung maupun melalui mediasi kualitas produk. Temuan ini menegaskan pentingnya kombinasi strategi visual, penetapan harga, dan kualitas produk dalam mendorong keputusan pembelian konsumen.Kata Kunci : Warna Kemasan, Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian.

Copyrights © 2025