Edutech: Jurnal Pendidikan dan Teknologi
Vol. 1 No. 2 (2023): Volume 1, No 2, 2023

PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS VIII SMPN 3 PALOPO

Hernila Yanti (Unknown)
Basir, Fahrul (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2023

Abstract

Jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbandingan kemampuan berpikir kreatif dan penalaran matematis siswa yang diajar dengan pendekatan matematika realistik dan pendekatan kontekstual di kelas VIII SMP Negeri 3 Palopo. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 3 Palopo. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dari sepuluh kelas akan dipilih dua kelas menggunakan teknik acak atau simple random sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kreatif dan penalaran matematis dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa. Kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Palopo sebelum diterapkan pendekatan matematika realistik berada dikategori cukup kreatif dan penalaran matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Palopo sebelum diterapkan pendekatan matematika realistik berada dikategori rendah. 1) Kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Palopo setelah diterapkan pendekatan matematika realistik berada dikategori kreatif dan penalaran matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Palopo setelah diterapkan pendekatan matematika realistik berada dikategori sedang. 2) Kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Palopo sebelum diterapkan pendekatan kontekstual berada dikategori kurang kreatif dan penalaran matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Palopo sebelum diterapkan pendekatan matematika realistik berada dikategori rendah. 3) Kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Palopo setelah diterapkan pendekatan kontekstual berada dikategori cukup kreatif dan penalaran matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Palopo setekah diterapkan pendekatan matematika realistik berada dikategori sedang. 5) Tidak ada perbedaan signifikasi kemampuan berpikir kreatif dan penalaran matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Palopo yang diajar dengan pendekatan matematika realistik dan kemampuan berpikir kreatif dan penalaran matematis yang diajar dengan pendekatan kontekstual.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edutech

Publisher

Subject

Religion Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

urnal Pendidikan dan Teknologi. Sebagai jurnal yang multidisiplin, fokus dan cakupan pada Jurnal Ilmiah ini berisi tentang hasil penelitian dan kajian teori dalam pembelajaran, pengajaran, pengembangan pengajaran dan pembelajaran serta penggunaan aplikasi pembelajaran berbasis teknologi dalam bidang ...