Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi model Illuminative dalam pelaksanaan proses pembelajaran PKn pada siswa SMP Negeri 2 Sanggalangi Satap Kabupaten Toraja Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Sanggalangi Kabupaten Toraja Utara yang jumlah keseluruhannya sebanyak dua puluh tujuh orang. Pengambilan sampel dengan cara sampel jenuh yang keseluruhan dari populasi. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dua tahap yaitu tahap persiapan dan tahap pengumpulan data (pengumpulan data tes, observasi, dan dokumentasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi dan minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VIII di SMP Negeri 2 Sanggalangi Satap Kabupaten Toraja Utara melalui pemberian evaluasi dengan model Illuminative tampak pada perolehan nilai rata-rata siklus I hanya 62,55 menjadi 72,29 pada siklus II. Selanjutnya, pada siklus I sebesar 16 (59,26%) siswa yang berada dalam kategori tuntas dan 11 (40,74%) siswa berada dalam kategori tidak tuntas dari 27 siswa, sedangkan siklus II persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 25 (92,59%) dari 27 siswa berada dalam kategori tuntas dan hanya 2 (7,41%) siswa yang tidak tuntas.
Copyrights © 2023