Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang dilakukan dengan mewancarai guru PAI, didapatkan fakta bahwa metode yang paling banyak digunakan dalam pembelajaran PAI dikelas yaitu penugasan, media yang berbasis teknologi yang didapatkan guru paling banyak diperoleh dari internet, kebanyakan siswa mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran PAI. Guru menyatakan bahwa E-modul menggunakan Canva digital itu menarik untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil anaslisis siswa yaitu siswa menyatakan bahwa E-modul menggunakan Canva digital itu menarik dan perlu menggunakan E-modul menggunakan Canva digital dalam pembelajaran fiqih dan menghilangkan rasa kebosanan dalam pembelajaran karena dilengkapi dengan desain-desain yang menarik dan video-video animasi. Jadi guru dan siswa menyatakan bahwa E-modul menggunakan Canva digital sangat menarik dan perlu menggunakan E-modul menggunakan Canva digital untuk pembelajaran materi Kisah perjalanan hijrah Nabi Muhammad SAW di SD Negeri 1 Porehu. Jenis penelitian ini menggunakan peneltian R&D (Research & Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek dalam penelitian ini peserta didik kelas 4 SD Negeri 1 Porehu Kecamatan Porehu Kabupaten Kolaka Utara. Teknik pengumpulan data didapat melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa E-modul berbasis canva digital pada bidang studi Pendidikan Agama Islam dinyatakan valid berdasarkan penilaian oleh validator dengan persentase 83% dari ahli media, 96% dari ahli materi, 100% dan 76% dari ahli Bahasa.
Copyrights © 2024