Edutech: Jurnal Pendidikan dan Teknologi
Vol. 3 No. 1 (2025): Volume 3 No 1 April 2025

STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN DAN HADIST DI SMA NEGERI 1 LUWU

Fakhriah, Andi Nurul (Unknown)
Mawardi, Mawardi (Unknown)
Sudirman, Sudirman (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2025

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Luwu. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui faktor kesulitan belajar peserta didik pada mata Pelajaran Al-qur’an dan Hadist, 2) mengetahui strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada mata Pelajaran Al-qur’an dan Hadist di SMA Negeri 1 Luwu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Instrument penelitian dalam skripsi ini menggunakan peneliti itu sendiri dengan cara mengamati, bertanya, mendengar, dan mengambil dadan teknik pengumpulan data penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan ialah triangulasi hasil pengematan dengan wawancara dan triangulasi hasil wawancara dengan hasil dokumen terkait. Adapun Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu kesulitan yang terjadi pada diri pribadi peserta didik dan juga faktor eksternal yang terjadi dalam cara pengajaran guru yang kurang diminati oleh peserta didik. Strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-quran dan hadist yaitu dengan pemberian motivasi, menciptakan suasana belajar yang aktif, latihan, membaca dan pemberian tugas kepada peserta didik dan melakukan kegiatan madrasah diniyah.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edutech

Publisher

Subject

Religion Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

urnal Pendidikan dan Teknologi. Sebagai jurnal yang multidisiplin, fokus dan cakupan pada Jurnal Ilmiah ini berisi tentang hasil penelitian dan kajian teori dalam pembelajaran, pengajaran, pengembangan pengajaran dan pembelajaran serta penggunaan aplikasi pembelajaran berbasis teknologi dalam bidang ...