Edutech: Jurnal Pendidikan dan Teknologi
Vol. 3 No. 1 (2025): Volume 3 No 1 April 2025

PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP SIKAP MODERASI BERAGAMA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 8 PALOPO

Reni, Reni (Unknown)
Nursyamsi, Nursyamsi (Unknown)
Ihsan, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2025

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Sikap Moderasi Beragama Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 8 Palopo. fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap sikap moderasi beragama siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap sikap moderasi beragama siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Palopo. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah 15% dari populasi kelas VIII di SMP Negeri 8 Palopo sebanyak 208 siswa sehingga sampel yang diteliti adalah 31 siswa danĀ  teknik yang digunakan adalah random sampling (sampel acak). Teknik pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan: uji validitas, uji reliabilitas, normalitas, linearitas, dan uji koefisien determinan dengan bantuan aplikasi Microsoft Excel 2007 dan SPSS for Windows Ver.1. Berdasarkan pada penelitian yang telah dilakukan didapatkan kesimpulan dalam penelitian ini bahwa ada yang positif dan signifikan antara pengaruh perhatian orang tua terhadap sikap moderasi beragama dengan hasil analisis data pada taraf interval 5% yang menunjukkan bahwa thitung perhatian orang tua = 3776 lebih besar dari ttabel = 1,699. Hasil analisis pada angka R Square dalam perhitungan diperoleh dengan nilai 0,330 atau sama denganĀ  33,0% yang berarti cukup. Pengaruh perhatian orang tua terhadap sikap moderasi beragama adalah 33,0% sedangkan sisanya yaitu sebesar 67.0% dipengaruh oleh faktor lainnya yang berasal dari luar regresi. Dalam penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa perhatian orang tua terhadap moderasi beragama terbilang cukup berpengaruh.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edutech

Publisher

Subject

Religion Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

urnal Pendidikan dan Teknologi. Sebagai jurnal yang multidisiplin, fokus dan cakupan pada Jurnal Ilmiah ini berisi tentang hasil penelitian dan kajian teori dalam pembelajaran, pengajaran, pengembangan pengajaran dan pembelajaran serta penggunaan aplikasi pembelajaran berbasis teknologi dalam bidang ...