Edutech: Jurnal Pendidikan dan Teknologi
Vol. 3 No. 1 (2025): Volume 3 No 1 April 2025

PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK CETAK PADA MATERI ASMAUL HUSNA DI KELAS IV SDN 61 TONDOK ALLA JAYA KOTA PALOPO

Jusman, Yovita Sizki (Unknown)
Mawardi, Mawardi (Unknown)
Sudirman, Sudirman (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 May 2025

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengembangan media big book cetak pada materi Asmaul Husna kelas IV di SDN 61 Tondok Alla Jaya Kota Palopo. Penelitian ini bertujuan : 1)  Untuk mengetahui pengembangan big book cetak pada materi Asmaul Husna kelas IV di SDN 61 Tondok Alla jaya Kota Palopo. 2) Untuk mengetahui validitas media big book cetak pada  materi Asmaul Husna kelas IV di SDN 61 Tondok Alla Jaya Kota Palopo. 3) Untuk mengetahui kepraktisan media big book cetak pada pesrta didk materi Asmaul Husna kelas IV di SDN 61 Tondok Alla Jaya Kota Palopo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian R&D (Research and Development). peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima tahap pengembangan yaitu tahap analysis (analisis), design (desain),  development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Penelitian ini dilakukan di  SDN 61 Tondok Alla Jaya Kota Palopo. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV tahun ajaran 2023/2024. Data diperoleh melalui wawancara, validasi produk kepada ahli media dan ahli materi, uji praktikalitas oleh guru Pendidikan Agama Islam, dan hasil uji praktikalitas peserta didik oleh 15 peserta didik SDN 61 Tondok Alla Jaya Kota Palopo. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif  kuantitatif. Hasil dari penelitian ini ialah: 1) dihasilkan media big book cetak materi Asmaul Husna kelas IV SDN 61 Tondok Alla Jaya Kota Palopo. 2).Hasil dari validitas ahli media dihasilkan 84% dengan kategori sangan valid, dan hasil dari ahli materi 100%. 3) hasil dari praktikalitas guru Pendidikan Agama Islam dinyatakan sangat baik kategori sangat praktis dengan persentase 81,25% dan hasil dari uji praktikalitas peserta didik dinyatakan sangat praktis dengan persentase 91%.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edutech

Publisher

Subject

Religion Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

urnal Pendidikan dan Teknologi. Sebagai jurnal yang multidisiplin, fokus dan cakupan pada Jurnal Ilmiah ini berisi tentang hasil penelitian dan kajian teori dalam pembelajaran, pengajaran, pengembangan pengajaran dan pembelajaran serta penggunaan aplikasi pembelajaran berbasis teknologi dalam bidang ...