Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 6 (2025): Irje 2025

Etno Pedagogi Melayu Sebagai Basis Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menegah Atas Kelas XI SMA Negeri 1 Rambah

Wulandari, Utari (Unknown)
Charlina, Charlina (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis etnopedagogi Melayu yang relevan dengan konteks lokal sekaligus mendukung penguatan karakter siswa. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan pendekatan mixed methods yang melibatkan siswa kelas XI, guru Bahasa Indonesia, serta pakar budaya Melayu di SMA Negeri 1 Rambah. Prosedur penelitian mengikuti modifikasi model Borg & Gall melalui empat tahap utama, yakni analisis nilai-nilai budaya Melayu yang relevan, perencanaan konsep model, implementasi peningkatan kualitas pembelajaran, serta analisis dampak bagi hasil belajar dan kontribusi guru/sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai budaya Melayu seperti pantun, gurindam, cerita rakyat, dan peribahasa memiliki potensi besar untuk diintegrasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Rancangan model pembelajaran meliputi sintaks pembelajaran (eksplorasi budaya, integrasi materi bahasa, praktik keterampilan, refleksi nilai), perangkat ajar berbasis budaya lokal, serta penilaian yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Implementasi model terbukti meningkatkan partisipasi siswa, menciptakan suasana kelas yang lebih interaktif, memperkuat keterampilan literasi, serta menumbuhkan kesadaran budaya. Selain itu, guru memperoleh model pembelajaran yang aplikatif dan sekolah berperan lebih strategis sebagai pusat pelestarian budaya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi etnopedagogi Melayu dalam pembelajaran Bahasa Indonesia berkontribusi signifikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, pembentukan karakter, dan penguatan identitas budaya, sekaligus merekomendasikan pengembangan kurikulum Bahasa Indonesia yang lebih kontekstual dan bermakna.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...