Jurnal Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains
Vol 9 No 2 (2024)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS IV SD KYAI RODLIYAH SURABAYA

Nur Oktaviani, Rizka (Unknown)
Lailatus Sokhifah, Ninis (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dampak dari model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan literasi dan numerasi siswa kelas IV di SD Kyai Rodliyah Surabaya. Metode dalam penelitian ini adalah metode Pre-Experimental dengan melalui desain penelitian one group pretest posttest. Populasi yang menjadi fokus penelitian ini adalah siswa SD Kyai Rodliyah. Sebanyak 22 siswa dipilih untuk sampel penelitian melalui teknik random sampling. Instrumen penelitian berupa soal pretest dan posttest. Data dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS 25.00 for Windows, dengan menerapkan uji normalitas pengujian hipotesis melalui uji-t. Dari analisis data penelitian menyatakan rata-rata nilai pretest sebesar 67,00%, sedangkan posttest sebesar 85,59%. Uji normalitas menghasilkan nilai dengan signifikansi sebesar 0,053 untuk nilai pretest dan posttest sebesar 0,082, menunjukkan bahwa data memiliki distribusi normal. Analisis hipotesis menggunakan model problem based learning menunjukkan dampak positif terhadap kemampuan literasi dan numerasi siswa kelas IV. Nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,005, mengindikasikan model pembelajaran problem based learning memiliki dampak yang signifikan pada kemampuan literasi numerasi siswa di kelas IV di SD Kyai Rodliyah Surabaya. Dalam hal ini, penerapan model pembelajaran PBL berdampak pada kemampuan literasi numerasi materi KPK FPB bahwasanya peserta didik terlibat secara aktif untuk memahami, mencari solusi, melakukan analisis, hingga dapat menyimpulkan dari masalah yang diberikan oleh guru. Demikian juga bila dilihat dari hasil rata-rata nilai pretest dengan posttest meningkat sebanyak 18,59%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ibriez

Publisher

Subject

Education

Description

Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains is a national journal which published by the Institute of Islamic Studies (IAIN) of Ponorogo managed by Its PGMI department. Ibriez journal, has been publishing both online and print since December 2016. The journal published to facilitate ...