Patria Educational Journal
Vol 5 No 1 (2025): Volume 5 Nomor 1 Maret 2025

Adaptasi teknologi menjadi tantangan guru sekolah dasar dalam pembelajaran daring

Masruro, Fufa (Unknown)
Santoso, Okta Mela Cikal (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kendala guru-guru sekolah dasar dalam melaksanakan pembelajaran daring selama pandemi Covid-19. Pembelajaran daring dijadikan sebagai penyelamat pelaksanaan pembelajaran di masa sulit seperti saat ini. Akan tetapi, penerapan pembelajaran daring juga dimungkinkan menimbulkan berbagai keluhan terutama dari bagi guru-guru sekolah dasar. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pedoman analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa pembelajaran daring menimbulkan kesulitan bagi guru dalam beberapa hal, antara lain: (1) guru tidak dapat berkoordinasi dengan orang tua; (2) kesulitan dalam mempersiapkan materi dan perangkat pembelajaran; (3) kesulitan dalam menilai siswa; (4) guru merasa dibatasi kreativitas dan produktivitasnya; dan (5) guru tidak mampu mebeli kuota internet.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pej

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Patria Educational Journal (PEJ) adalah jurnal penelitian peer-review dengan sistem akses terbuka yang diterbitkan oleh oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar,. Patria Educational Journal menyediakan platform yang menyambut dan mengakui artikel ilmiah ...