Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara
Vol. 6 No. 3 (2025): Edisi Juli - September

Perancangan Logo Utama UMKM Fashion Merek MPA Sebagai Brand Identity

Imsa, Mentari Anugrah (Unknown)
Fatimah, Anggun Nadia (Unknown)
Rizki, Meinati Fajar (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2025

Abstract

Sesuai dengan Sustainable Development Goals, Indonesia sudah merumuskan 17 tujuan utama yang diturunkan menjadi beberapa indikator yang sesuai dengan kondisi dan perkembangan Indonesia. Salah satu tujuan utama nomor delapan berkaitan dengan Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi. Pada tujuan ini, salah satu fokus utama pemerintahan adalah terhadap Usaha Mikro, Kecil, Makro (UMKM). Sehingga untuk mendukung fokus pemerintah tersebut, pengabdian ini menyasar salah satu usaha kecil di Jakarta yaitu Dermaga Group. UMKM tersebut sudah memiliki beberapa cabang usaha dan ingin membuka beberapa usaha lain salah satunya adalah brand fashion yang belum memiliki logo. Sedangkan logo merupakan visual penting bagi sebuah brand. Oleh karena itu pengabdian ini bertujuan untuk membantu UMKM tersebut dalam membuat Logo brand fashion sebagai visual dan identitas sebuah brand. Pengabdian ini menerapkan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) untuk membuat Logo. Hasil pengabdian pada tahap analisis terlaksana dengan berdiskusi dengan mitra terkait harapan brand, visi, misi, image yang ingin dibentuk dan keinginan logo yang ingin dibuat. Tahap design dilakukan dengan membuat sketsa awal logo berdasarkan hasil diskusi dengan mitra, kemudian diikuti dengan tahap development atau pengembangan dimana sketsa logo yang sudah disetujui dibuat dengan presisi baik dari ukuran, kerapian dan proporsionalitas logo. Sebelum implementasi, penulis melakukan diskusi oleh mitra sebagai tahap evaluasi terhadap logo yang sudah dibuat. Logo kemudian disesuaikan dengan masukan mitra. Penulis membuat beberapa alternatif pilihan logo sehingga memungkinkan mitra memilih logo sesuai preferensi. Tahap terakhir adalah implementasi dimana logo yang dipilih oleh mitra digunakan dan dicetak pada produk kerudung. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa penting untuk mengetahui lebih dalam visi, misi, harapan, dan image yang ingin dibangun oleh brand. Informasi tersebut penting dan bermanfaat untuk penentuan dasar logo. Pelekatan logo pada produk juga memperkuat nilai jual dari produk diantara competitor lain.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpkm

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal JPkMN adalah jurnal yang diterbitkan oleh lembaga sistem informasi dan teknologi (SISFOKOMTEK) medan yang bertujuan untuk mewadahi tentang hasil pengabdian kepada masyarakat. JPkMN (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara) adalah wadah informasi berupa hasil pengabdian, studi ...