Didirikannya Puspa Agro ini diharapkan mampu menjadi tempat transaksi jual beli yang berbasis agro serta mampu membantu menjual hasil pertanian daerah Sidoarjo, untuk meningkatkan nilai tambah dan Pendapatan petani, meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Jawa Timur. Namun, dalam kenyataanya berbanding terbalik dengan tujuan didirikannya. Permasalahan tersebut memotivasi penulis untuk memberikan strategi yang cocok dengan menggunakan analisis SWOT. Analisis SWOT sendiri merupakan teknik menemukan strategi yang dilihat dari empat sudut pandang yaitu strengths, weaknesess, opportunities, dan treaths. Peneliti melakukan analisis SWOT dengan menggunakan metode kualitatif melaui pendekatan deskriptif. Hasil strategi yang didapat untuk mengembangkan Pasar Induk Puspa Agro melalui analisis SWOT berdasarkan empat strategi diambil satu strategi yang paling tepat untuk membantu perkembangan Pasar Induk Puspa Agro yaitu meningkatkan inovasi dalam mengatur sistem penjualan produk agro dengan cara membuka web untuk melakukan transaksi secara online lewat jejaring media sosial serta melakukan inovasi dengan menambah jumlah produk agro agar lebih beragam.Kata kunci: Analisis SWOT, Pasar Induk Agrobis Puspa Agro, Pengembangan, Strategi
Copyrights © 2024