eProceedings of Art & Design
Vol. 10 No. 6 (2023): Desember 2023

DESAIN PERMAINAN EDUKASI SI PALING JAJAN PENGENALAN JAJANAN TRADISIONAL KHAS BETAWI

Yudi Anugerah, Reyhan (Unknown)
Hidayat, Syarip (Unknown)
Gumilar, Ganjar (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2023

Abstract

Abstrak: Indonesia adalah Negara yang kaya akan keberagaman dan menjadi ciri khas dari Indonesia itu sendiri. Keberagaman itu sendiri meliputi suku, agama dan budaya yang harus dilestarikan. Salah satu keberagaman yang perlu dilestarikan adalah di bidang kuliner yaitu berupa jajanan tradisional, karena itu merupakan harta kebudayaan yang dimiliki Indonesia. Jajanan tradisional Indonesia memiliki rasa, bentuk, keanekaragaman yang bermacam–macam dan menarik dikarenakan Indonesia kaya akan suku bangsa, Tiap daerah memiliki ciri khas masing - masing dari cara penyebutannya hingga ciri khas bentuknya, seperti Jajanan Tradisional di Jakarta, Namun Jajanan Tradisional Masih belum disosialisasikan kepada anak muda generasi saat ini, karena kurangnya media untuk mengedukasikan jajanan tradisional kepada mereka. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pengumpulan data melalui jurnal, kajian pustaka, wawancara, kuesioner, hingga observasi. Analisis yang akan digunakan sebagai berikut analisis matriks, dan SWOT. Data yang sudah terkumpulkan menyebutkan bahwa Board game adalah sebuah media yang dapat menjadikan sebuah media alternative yang efektif dalam pembelajaran bagi anak muda saat ini secara menyenangkan. Pengenalan Pada Jajanan tradisional ini sebagai bentuk upaya mensosialisakan budaya kuliner Indonesia.Kata kunci: Jajanan Tradisional Betawi, Board game. Edukasi

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

artdesign

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian Art & Design. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...