eProceedings of Art & Design
Vol. 10 No. 6 (2023): Desember 2023

PERANCANGAN STRATEGI BRANDING MELALUI MEDIA SOSIAL DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS DESA WISATA RAHTAWU

Firdani, Diva (Unknown)
Hidayattuloh, Muhammad (Unknown)
Ilhamsyah, Ilhamsyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2023

Abstract

Desa Rahtawu adalah desa wisata yang berada di lereng Gunung Muria tepatnya berlokasidi Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Desa ini memililki daya tarik alam pegunungan, nuansa pedesaan, air terjun, tebing-tebing disepanjang jalan, komoditi kopi, dan jalur pendakian Gunung Muria. Namun masyarakat Desa Rahtawu belum melakukan pengembangan dan pengelolaan secara maksimal sehingga wisatawan yang mengenal Desa Rahtawu sebagai citra desa wisata masih bersifat lokal. Untuk itu diperlukan strategi branding destination sebagai upaya meningkatkan brand awareness Desa Rahtawu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Menggunakan teori branding destination oleh Morgan dan Prichard, teori media sosial oleh Nasrullah, dan teori piramida brand awareness oleh Kotler. Hasil dari penelitian ini adalah pengimplementasian asset visual pada media sosial sehingga dapat memberikan kontribusi sumber informasi bagi wisatawan mengenai Desa Rahtawu.Kata Kunci: Desa Rahtawu, Branding Destination, Brand Awareness, media sosial, kopi, pegunungan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

artdesign

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian Art & Design. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...