Fenomena kenaikan pelaku UMKM dalam industri kreatif membuat peningkatanperekonomian di Indonesia sebanyak tujuh persen dalam lima tahun terakhir.Menanggapi hal ini, pemerintah Provinsi Jawa Barat menciptakan tempat pusat kreatifsebagai wadah untuk para pelaku industri kreatif ini berkreasi dan meningkatkanperekonomian di wilayahnya. Salah satu bangunan pusat kreatif yang sudah dibangunadalah Bogor Creative Center yang diresmikan pada tahun 2021. Sejak pertama kalidiresmikan, bangunan ini belum menarik perhatian pelaku ekonomi kreatif di Kota Bogorkarena fasilitas dan fungsi ruang masih belum terkonsentrasi dengan subsektor yangunggul di Kota bogor. Sehingga perlua adanya perancangan ulang terhadap interior BogorCreative Center agar menciptakan tempat yang nyaman dalam proses pembuatan karyadan wadah berkolaborasi antar pelaku ekonomi kreatif. Penelitian dilakukan secarakualitatif dengan mengidentifikasi aktivitas dan perilaku pelaku atau komunitas ekonomikreatif agar sesuai dengan kebutuhan pengguna ruang. Sehingga hasil perancangan inidapat menjadikan Bogor Creative Center sebagai pusat aktivitas kreatif warga Kota Bogordan menghasilkan nilai ekonomi untuk memajukan perekonomian Kota Bogor.Kata Kunci: Pusat kreatif, perilaku, ekonomi kreatif, industri kreatif, Kota Bogor
Copyrights © 2024