Pameran dagang menjadi salah-satu tempat bagi para industri batik untuk memasarkan produk seperti halnya yang dilakukan oleh Hasan Batik Bandung. Hasan Batik Bandung dikenal sebagai pelopor industri batik di Bandung serta memiliki ciri khas motif batik geometris. Namun, keunggulan dan ciri khas tersebut masih belum ditampilkan pada pameran dagang sehingga mengurangi daya tarik pengunjung terhadap produk batik dan merek Hasan Batik Bandung. Adapun persaingan kompetitif dari para industri batik yang sadar akan pentingnya menampilkan citra produk dan merek pada pameran dagang. Penelitian ini menggunakan pendekatan desain, melalui pengumpulan data wawancara, kuesioner, studi literatur, dan observasi serta dokumentasi terhadap pameran dagang yang dilakukan oleh Hasan Batik Bandung di INACRAFT 2023. Analisis data menggunakan analisis AIDA, analisis matriks perbandingan, dan matriks penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan pentingnya desain booth pameran menarik yang memperhatikan aspek kelengkapan informasi dan dekorasi booth dengan tetap menghadirkan karkateristik Hasan Batik Bandung sehingga pengunjung dapat menyadari akan produk dan merek yang ditawarkan. Penelitian ini difokuskan menjadi rekomendasi strategi desain booth pameran dalam ranah pemasaran produk batik. Hasil penelitian diharapkan dapat membantu Hasan Batik Bandung dalam memasarkan produk batiknya melalui pameran dagang agar dapat meningkatkan kesadaran pengunjung. Kata kunci: Batik, Industri Batik, Booth Pameran, Pameran Dagang, Pemasaran
Copyrights © 2024