Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 12 No. 1 (2024): Juni 2024

PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS PERMAINAN

Wahyuni, Sri (Unknown)
Hakim, Zerri Rahman (Unknown)
Nurhasanah, Ana (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2024

Abstract

Keterampilan sosial merupakan keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh setiap  peserta didik untuk dapat hidup secara adaptif di era revolusi industri 4.0 yang merupakan era perkembangan teknologi. Oleh karena itu, guru harus memahami perannya untuk memilih pembelajaran yang sesuai dengan karaktersitik peserta didik, khususnya peserta didik kelas rendah yang masih senang bermain sekaligus memilih pembelajaran yang dapat mengembangkan keterampilan sosial peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran kooperatif berbasis permainan, kondisi keterampilan sosial peserta didik dalam kegiatan pembelajaran, serta tantangan guru dalam mengembangkan keterampilan sosial peserta didik melalui pembelajaran kooperatif berbasis permainan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah berperan aktif sebagai fasilitator dalam memilih dan menyediakan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik yaitu pembelajaran kooperatif berbasis permainan yang berorientasi pada pengembangan keterampilan sosial peserta didik. Sehingga keterampilan sosial peserta didik terlihat dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, peran guru juga telah mampu mengantarkan guru untuk mengatasi tantangan-tantangan yang dihadapi dalam pengembangan keterampilan sosial peserta didik.

Copyrights © 2024