J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 7, No 1 (2025): J-PiMat

Penyelesaian Sistem Persamaan Linier Menggunakan Bahasa Pemrograman Python

Linoh, Clarissa (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan metode pembelajaran interaktif berbasis teknologi dalam menyelesaikan sistem persamaan linier dengan menggunakan bahasa pemrograman python melalui platform Google Colab. Sistem persamaan linier merupakan topik penting dalam matematika dengan aplikasi luas di berbagai bidang, namun masih banyak siswa mengalami kesulitan dalam penyelesaiannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif melalui studi pustaka dan eksperimen. Studi pustaka dilakukan dengan menelaah referensi terkait pemanfaatan python untuk menyelesaikan sistem persamaan linier, sementara eksperimen dilakukan dengan menyusun dan menguji dua bentuk kode python menggunakan pustaka SymPy. Kode pertama bersifat spesifik untuk satu permasalahan, sedangkan kode kedua bersifat fleksibel dengan fitur input sehingga dapat menyelesaikan berbagai bentuk soal tanpa perlu mengubah kode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua kode mampu menyelesaikan sistem persamaan linier dengan cepat, akurat, dan efisien. Kode spesifik unggul dari sisi kecepatan, sedangkan kode input lebih unggul dalam efisiensi penggunaan. Simpulan dari penelitian ini adalah python dapat dijadikan media pembelajaran yang efektif dan interaktif untuk mendukung penguasaan konsep matematika di era digital. Guru disarankan mulai mengintegrasikan python dalam pembelajaran agar siswa terbiasa dengan teknologi pemecahan masalah.Kata Kunci: Persamaan, linier, bahasa, pemrograman, python.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpimat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Education (J-PiMat) (e-ISSN: 2684-7981) is a scientific journal that publishes scientific articles from research, literature studies, ideas, theoretical applications, critical analysis studies, and class action studies in the science of Mathematics Education. J-PiMat publishes ...