Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video animasi berbantuan animaker terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di MI Ushuluddin Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode Pre-Experimental Design, dengan bentuk one-group Pre-test-Post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV C MI Ushuluddin Singkawang. Sampel diambil dengan menggunakan Teknik sampling jenuh, sampel yang diambil pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV C. data yang digunakan diperoleh dari hasil pre-test dan post-test lembar tes hasil belajar matematika siswa. Analisis hasil pre-test dan post-test menggunakan rumus paired sample t-test dan effect size. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh media video animasi berbantuan animaker terhadap hasil belajar matematika kelas IV MI Ushuluddin Singkawang dengan besar pengaruh 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh; 2) Penggunaan media video animasi berbantuan animaker berpengaruh terhadap hasil belajar matematika kelas IV C MI Ushuluddin Singkawang dengan besar pengaruh 2,13 (Kriteria Sedang).Kata Kunci: Media video animasi, Animaker, Hasil belajar matematika, Pecahan
Copyrights © 2025