Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model Brain Based Learning (BBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, untuk menguji apakah self regulated learning (SLR) siswa berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis, dan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa ditinjau dari self regulated learning (SLR) pada pembelajaran BBL. Penelitian ini menggunakan mixed methods dengan jenis penelitian the explanatory sequential design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket, dan wawancara. Dalam penelitian ini diambil 6 subjek penelitian berdasarkan tingkat SLR pada siswa kelas VIII SMP Al Islam Gunungpati tahun pelajaran 2024/2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran BBL efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis, (2) terdapat pengaruh SLR terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis yaitu sebesar 63,3%, dan (3) subjek penelitian dengan kategori SLR tinggi mampu memenuhi indikator fluency, flexibility, dan novelty; subjek dengan SLR sedang mampu memenuhi indikator fluency dan flexibility; dan subjek dengan SLR rendah mampu memenuhi indikator fluency. Untuk penelitian selanjutnya dapat menerapkan dan mengembangkan model BBL dengan mengintegrasikannya dengan variabel lain.Kata Kunci: Brain Based Learning, Berpikir Kreatif Matematis, Self Regulated Learning
Copyrights © 2025