J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 7, No 1 (2025): J-PiMat

Heyzine Flipbook: Pengembangan E-Modul Dengan Asesmen Nasional

Nisa, Khairun (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi respon peserta didik terhadap E-Modul Berorientasi Asesmen Nasional menggunakan Heyzine Flipbook. Alasan penelitian adalah untuk menentukan pencapaian dan respon siswa terhadap E-Modul dengan Asesmen Nasional yang menggunakan Heyzine Flipbook. Metode penelitian menggunakan (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri 5 tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Subjek penelitian dan pengembangan adalah siswa kelas VII salah satu SMP Negeri di Bandar Lampung sebagai subjek uji coba lapangan, kelas VIII subjek uji coba kelompok kecil dan besar. Teknik pengumpulan data adalah wawancara dan angket. Hasil uji kelayakan dari ahli materi dan ahli media mendapatkan kriteria “valid” dengan nilai rata-rata 3,48 dan 3,53 sehingga layak digunakan dalam pembelajaran karena telah memenuhi keempat aspek uji validitas. Hasil angket rata-rata 3,45 pada uji coba kelompok kecil dan 3,63 pada uji coba kelompok besar serta 3,72 pada uji coba lapangan dengan kriteria “sangat menarik”. Diperkuat hasil wawancara menyatakan e-modul tampilannya menarik dan penjabaran materi yang mudah dimengerti. Dengan demikian, e-modul dengan asesmen nasional ini dapat menjadi alternatif bahan ajar yang inovatif.Kata Kunci: E-Modul,Asesmen Nasional, Heyzine Flipbook.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpimat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Education (J-PiMat) (e-ISSN: 2684-7981) is a scientific journal that publishes scientific articles from research, literature studies, ideas, theoretical applications, critical analysis studies, and class action studies in the science of Mathematics Education. J-PiMat publishes ...