Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh IQ terhadap motivasi belajar melalui kemampuan pemecahan masalah pada materi eksponensial. Permasalahan utama yang diteliti adalah bagaimana kecerdasan intelektual (IQ) mempengaruhi motivasi belajar siswa melalui keterampilan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis data SEM-PLS. Populasinya adalah siswa kelas X SMK 1 Diponegoro yang dipilih melalui probabilitas sampling. Data dikumpulkan melalui tes, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa IQ berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar dengan nilai t-statistik sebesar 2,536. IQ juga berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan nilai t-statistik sebesar 2,051. Dan IQ berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar melalui pemecahan masalah dengan nilai t-statistik sebesar 2,433. Selanjutnya kemampuan pemecahan masalah berperan sebagai variabel mediasi yang memperkuat pengaruh IQ terhadap motivasi belajar. Hasil penelitian ini menyoroti bahwa peningkatan IQ yang dibarengi dengan keterampilan pemecahan masalah yang baik dapat mengoptimalkan motivasi belajar siswa, sehingga menunjukkan pentingnya pengembangan kognitif dan pelatihan pemecahan masalah dalam pendidikan.Kata Kunci: IQ, motivasi belajar, pemecahan masalah
Copyrights © 2025