Permasalahan penelitian adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan proses pembelajaran yang kurang melibatkan keaktifan siswa. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas siswa yaitu melalui penggunaan model pembelajaran PANTING (Problem solving bAsed on studeNT Intellectuals aNd Games). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Teluk Tiram 2 Banjarmasin Barat yang berjumlah 20 orang siswa pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Analisis data yang disajikan yaitu berupa deskripsi, tabel, dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru meningkat dari skor 24 dengan kriteria “Sangat Baik” menjadi skor 28 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa meningkat dari 50% dengan kriteria “Cukup Aktif” menjadi 100% dengan kriteria “Sangat Aktif”. Sehingga berdampak pada hasil belajar aspek kognitif dari 70% dengan kriteria “Sangat Aktif” meningkat menjadi 90% dengan kriteria “Sangat Aktif”.
Copyrights © 2024