Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 1 (2024): Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

PERAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SEKOLAH DASAR UNTUK MEMBANGUN KARAKTER GENERASI UNGGUL

Sudirman, I Nyoman (Unknown)
Cahyani, Ni Kadek Sita (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2024

Abstract

Pancasila menjadi sebuah nilai luhur yang terus dijunjung tinggi, menjadi landasan kuat bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Namun, saat ini, nilai-nilai Pancasila menghadapi ketimpangan yang mengakibatkan redupnya keberadaannya. Hal ini disebabkan oleh rendahnya kesadaran masyarakat dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bersama sebagai bangsa dan negara. Generasi muda adalah pilar masa depan suatu bangsa yang akan menentukan nasib bangsa. Menanamkan nilai-nilai Pancasila pada generasi muda adalah hal yang penting. Hal ini untuk mencegah pertikaian dan perpecahan bangsa. Salah satu upaya menanamkan nilai-nilai pancasila pada generasi muda adalah dengan pendidikan Pancasila di mata pelajaran kewarganegaraan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran pendidikan pancasila di sekolah dasar untuk membangun karakter generasi unggul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa pancasila memiliki lima nilai yang dapat membentuk karakter generasi muda. Nilai tersebut adalah nilai ketuhanan, kemanusiaan, keadilan, kerakyatan, dan persatuan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pendidikan Pancasila memiliki peran krusial dalam membentuk karakter generasi yang bertanggung jawab, cerdas politik, serta berakar pada nilai-nilai moral untuk memperkuat keselarasan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia yang beragam.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Education

Description

Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal penelitian peer-reviewed open access yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Cendikia menyediakan wadah bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyampaikan dan berbagi pengetahuan dalam ...