Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Observasi di SDN Cipayung 02 dan SDN Cipayung 03, terungkap bahwa banyak siswa pada mata pelajaran IPA yang belum mencapai KKM karena rendahnya pemahaman terhadap materi. Kendala tersebut muncul karena proses pembelajaran yang kurang bervariasi dan minim penggunaan media pembelajaran, sehingga siswa kehilangan antusiasme dalam belajar dan menghadapi kesulitan dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint terhadap hasil belajar IPA siswa SD kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan Desain yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design, yang dimana penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen (kelas yang diberi perlakuan). Populasi yang akan digunakan peneliti yaitu SDN Cipayung 02 dengan jumlah 252 siswa dan SDN Cipayung 03 dengan jumlah 270 siswa di Kecamatan Cikarang Timur. Sampel yang diambil oleh peneliti berjumlah 2 kelas yaitu kelas eskperimen berjumlah 39 dan kelas control berjumlah 41 Siswa. Hasil uji independent sample t test hasil diperoleh nilai .Sig (2-tailed) sebesar 0,262>0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antar kelas ekperiment dan kelas kontrol siswa kelas V SD Kecamatan Cikarang Timur.
Copyrights © 2024