Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara kualitas tidur siswa kelas 4 Sekolah Dasar Negeri Hegarmukti 02 dengan hasil belajar mereka. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan cross-sectional survey. Data dikumpulkan dari 48 siswa menggunakan kuesioner Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI) untuk mengevaluasi pola tidur dan studi dokumen untuk memperoleh nilai rata-rata Rapor Semester 1 sebagai indikator hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Fisher's exact dan p value.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan bermakna antara kualitas tidur dan hasil belajar siswa (p value = 0,430 > α 0,05). Hal ini memiliki arti p value > α 0,05, maka Ho diterima sehingga dapat diartikan bahwa tidak ada hubungan antara kualitas tidur dengan hasil belajar siswa sekolah dasar Negeri Hergamukti 02. Meskipun demikian, penting untuk meningkatkan kesadaran siswa, orang tua, dan pendidik tentang pentingnya kualitas tidur terhadap kesehatan fisik dan mental. Selain itu, perlu dikembangkan sistem evaluasi prestasi belajar yang lebih komprehensif untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang ideal dan mendukung. Dengan demikian, diharapkan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan secara keseluruhan.
Copyrights © 2024