Tujuan dilaksanakannya penelitian ini untuk mendeskripsikan mengenai hasil analisis pembelajarn berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran IPAS di SDN 02 Nambangan Kidul. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan mengumpulkan berbagai sumber data dan observasi lapangan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari guru kelas IV dan satu siswa kelas IV. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Kemudian data dianalisis menggunakan teknik Miles & Huberman dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh yaitu guru membuat perencanaan pembelajaran dengan melakukan pemetaan kebutuhan belajar melalui assemen diagnostik kemudian dilanjutkan dengan pembuatan modul ajar berdasarkan hasil pemetaan tersebut. Dari hasil assemen tersebut diketahui bahwa siswa kelas IV terdiri dari tiga gaya belajar yaitu visual, audiotori dan kinestetik. Dalam penerapannya guru melakukan diferensiasi konten, proses dan produk. Faktor pendukung berasal dari suasana belajar yang menyenangkan, siswa yang antusias, siswa merasa aman dan nyaman dan fasilitas yang memadai. Sedangkan faktor penghambat utama dalam pembelajaran ini yaitu membutuhkan waktu yang lama. Solusi yang dilakukan guru yaitu selalu meningkatkan kemampuan dan refleksi setiap minggunya.
Copyrights © 2024