Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 7 (2024): Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK BERBASIS MANAJEMEN SEKOLAH DI SMAN 23 KABUPATEN TANGERANG

Fikri, Muhammad (Unknown)
Zatua , Zamin (Unknown)
Mutiah , Neng (Unknown)
Yunia , Puteri (Unknown)
Lestiawan, Tsalsabila (Unknown)
Iman , Atep (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen peserta didik yang ada di SMAN 23 Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode wawancara mendalam dan observasi non partisipatif. Sumber data penelitian ini diperoleh melalui Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Guru Bimbingan dan Konseling, Guru yang bertanggung jawab sebagai panitia PPDB, dan guru yang bertanggung jawab sebagai panitia dalam orientasi peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Penerimaan peserta didik dilakukan melalui beberapa tahapan mulai dari pembentukan panitia untuk membahas jadwal kegiatan PPDB, penetapan persyaratan, penetapan daga tampung, pembiayaan sampai dengan sosialisasi. (2) Kegiatan orientasi dilakukan agar siswa baru mengenal lingkungan sekolah, budaya sekolah, kurikulum, osis, ekstrakulikuler dan mengenal struktur sekolah. (3) Pembinaan peserta didik terbagi menjadi 2 yang ditentukan dengan menganalisis hasil nilai belajar akademik dan non akademik siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Education

Description

Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal penelitian peer-reviewed open access yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Cendikia menyediakan wadah bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyampaikan dan berbagi pengetahuan dalam ...