Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 7 (2024): Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

OPTIMALISASI SUMBER DAYA TEKNOLOGI UNTUK MEMBANGUN KOMUNITAS BELAJAR BAHASA INDONESIA DI KAMPUS

Alga Setianto, Erlian (Unknown)
Muzaki Putra, Iliyyin Jabar (Unknown)
Hakim Sudaisi3, Ahmad Fathin (Unknown)
Ega Jismi, Reyno Nafis (Unknown)
Nurhayati, Eni (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan sumber daya teknologi dalam membangun komunitas belajar bahasa Indonesia di lingkungan kampus, khususnya di kalangan mahasiswa Generasi Z. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui kuisioner berbasis Google Form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki minat yang cukup tinggi untuk belajar bahasa Indonesia di luar kurikulum kampus, terbukti dari nilai rata-rata tertinggi pada beberapa item kuisioner. Komunitas online melalui platform seperti Microsoft Team dinilai sebagai platform paling efektif dalam membangun komunitas belajar bahasa Indonesia menurut persepsi responden. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknologi, mampu memfasilitasi pembelajaran bahasa Indonesia di kalangan mahasiswa. Hal ini memberikan wadah untuk diskusi terbuka dan berbagi pengetahuan di luar ruang kelas, yang tidak terbatas oleh jarak dan waktu. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya memanfaatkan teknologi sebagai sarana untuk meningkatkan kemahiran berbahasa Indonesia di lingkungan pendidikan tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Education

Description

Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal penelitian peer-reviewed open access yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Cendikia menyediakan wadah bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyampaikan dan berbagi pengetahuan dalam ...