Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 8 (2024): Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

PEMBELAJARAN BAHASA YANG KOMUNIKATIF: PENDEKATAN EFEKTIF COMMUNICATIVE LANGUAGE TEACHING (CLT) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SISWA DI SEKOLAH DASAR

Inayah, Yeti (Unknown)
Sya, Mega Febriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2024

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan metode Communicative Language Teaching (CLT) dalam pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode CLT menekankan pada pengembangan kemampuan komunikasi siswa melalui aktivitas interaktif dan kontekstual, seperti pemanasan dengan lagu, penggunaan musik dalam penyampaian materi, bernyanyi, bermain peran dengan boneka, diskusi kelompok, dan simulasi. Guru berperan sebagai fasilitator yang mendukung siswa dalam mengembangkan keterampilan berbahasa secara aktif. Melalui pendekatan CLT, siswa memperoleh kesempatan untuk mempraktikkan dan mengaplikasikan pengetahuan bahasa Inggris mereka dalam situasi yang bermakna dan relevan. Secara keseluruhan, metode CLT terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dalam bahasa Inggris secara alami dan menyenangkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Education

Description

Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal penelitian peer-reviewed open access yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Cendikia menyediakan wadah bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyampaikan dan berbagi pengetahuan dalam ...