Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 8 (2024): Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

ANALISIS KEBIJAKAN FULLDAY SCHOOL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA

Kurniawan, Kurniawan (Unknown)
Naro , Wahyuddin (Unknown)
Yuspiani, Yuspiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan tentang analisis kebijakan fullday school dalam pembentukan karakter siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Data diperoleh berdasarkan hasil kajian literatur dari berbagai sumber buku, artikel, jurnal. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis isi (content analisys) atau analisis secara mendalam berkaitan dengan fokus kajian, yaitu pengertian Fullday School dan implementasi fullday schhol dalam pembentukan karakter siswa. Instrumen penelitian yaitu peneliti sendiri dan handphone. Data yang diperoleh kemudian diinterpretasikan dengan metode deskriktif kualitatif. Berdasarkan kajian yang dilakukan diketahui bahwa Full day school merupakan suatu sistem pembelajaran yang dilaksanakan secara penuh, dimana aktivitas siswa banyak dilakukan di sekolah daripada di rumah. Konsep dasar dari fullday school adalah integrated curiculum dan integrated activity yang merupakan bentuk pembelajaran yang diharapkan dapat membentuk seorang siswa yang berintelektual tinggi yang dapat memadukan aspek keterampilan dan pengetahuan dengan sikap yang baik. Penerapan fullday school dalam rangka memaksimalkan waktu luang anak-anak agar lebih berguna. Program fullday school penting untuk penguatan karakter siswa, hal ini disebabkan waktu yang lebih panjang siswa di sekolah sehingga guru lebih mudah untuk membimbing, membina, dan menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa. Penerapan full day school melalui 3 kegiatan yaitu: a) kegiatan pembelajara full day school, b) kegiatan melalui budaya sekolah dan, c) kegiatan ekstrakurikuler.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Education

Description

Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal penelitian peer-reviewed open access yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Cendikia menyediakan wadah bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyampaikan dan berbagi pengetahuan dalam ...