Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan instrumen kemampuan literasi digital siswa pada mata pelajaran ekonomi agar layak digunakan untuk memantau dan mengevaliasi kemampuan literasi siswa secara berkala. Penelitian dan pengembangan instrumen ini menggunakan empat prosedur sederhana yakni penyusunan butir instrumen, validasi ahli, uji coba terbatas, dan uji akhir. Subjek penelitian yaitu 198 siswa di SMA 2 Perguruan ”Cikini”. Angket yang telah disusun divalidasi oleh 4 validator kemudian diuji cobakan secara terbatas untuk menghitung tingkat validitas dan realibilitas dari masing-masing butir pertanyaan. Angket menggunakan skala Likert dengan skala interval 1-4. Pembakuan instrumen menggunakan uji KMO MSA didapatkan hasil bahwa 8 dimensi/indikator kemampuan literasi digital siswa pada mata pelajaran ekonomi tersebut diperoleh hasil sangat layak digunakan karena nilai r hitung setiap item lebih dari 0,139 (r hitung > 0,139) dan tingkat realibilitas yang tinggi karena didapatkan nilai Alpha Cronbach sebesar 0,847 lebih besar dari 0,800 (0,847 > 0,800) sehingga memiliki tingkat konsistensi yang dapat diterima.
Copyrights © 2024