Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 9 (2024): Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEDAGOGIS YANG INOVATIF

Suciyani, Rini (Unknown)
Afendi , Arief Hidayat (Unknown)
Hanikah , Hanikah (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca dan menulis di kelas III SDN 1 Kaliwedi Kidul dengan menggunakan pendekatan pedagogis yang inovatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain kemis M.C Taggart melalui 4 tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini bersubjek pada siswa kelas III SDN 1 Kaliwedi Kidul yang berjumlah 24 Siswa yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Tekhnik pengumpulan data melalui observasi dan tes yang diperoleh yaitu validasi instrumen dan observasi keterlaksanaan. Analisis dilakukan pada aktivitas belajar dan hasil dari keterampilan membaca dan menulis siswa. Hasil penelitian pada siklus I keterampilan membaca dengan presentase ketuntasan 71% sedangkan rata-ratanya 70,13 dan keterampilan menulis dengan presentase ketuntasan 62% sedangkan rata-ratanya 63,48. Siklus II Keterampilan membaca memperoleh presentase ketuntasan 91% dengan rata-rata 86,08 dan keterampilan menulis dengan presentase ketuntasan 87% dan rata-rata 83,87 . Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pendekatan pedagogis yang inovatif dapat meningkatkan keterampilan membaca dan menulis di kelas III SDN 1 Kaliwedi Kidul.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Education

Description

Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal penelitian peer-reviewed open access yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Cendikia menyediakan wadah bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyampaikan dan berbagi pengetahuan dalam ...