Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 9 (2024): Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

STRATEGI DAKWAH GURU DALAM MEMBINA AKHLAK PESERTA DIDIK TK ASIYIYAH BUSTANUL ATHFAL KELURAHAN SIDODADI KECAMATAN WONOMULYO KABUPATEN POLEWALI MANDAR

Shidiq, Ahmad (Unknown)
Tahir , Musafir (Unknown)
Sudarmono , Muh. Aidil (Unknown)
Abdullah , Nuraeni (Unknown)
Hasriani, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi dakwah guru dalam membina akhlak peserta didik TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kelurahan Sidodadi Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini dilatarbelakangi masalah yang terjadi di TK tersebut yaitu kurangnya akhlak pada peserta didik. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana strategi dakwah guru dalam membina akhlak peserta didik di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kelurahan Sidodadi Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Dengan strategi dakwah guru dalam membina akhlak peserta didik ini diharapkan agar meningkatnya akhlak yang baik pada peserta didik. Pertanyaan penelitian bagaimana strategi, kendala, dan solusi dakwah guru dalam membina akhlak peserta didik di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kelurahan Sidodadi Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi-strategi dakwah guru dalam membina akhlak peserta didik di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kelurahan Sidodadi Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah guru TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kelurahan Sidodadi Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, melalui analisis dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: strategi dakwah guru dalam membina akhlak peserta didik di TK Aisiyiyah Bustanul athfal Kecamatan Wonomulyo dapat berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan guru yang mampu menjadi teladan yang baik dan memberi pembiasaan yang positif mulai dari kegiatan penyambutan, pembuka, inti, dan kegiatan penutup. strategi yang dilakukan guru meliputi menanamkan rasa cinta kepada Allah, pembiasaan, memberi rasa aman pada anak, memberi penghargaan, keteladanan, kasih sayang, dan menyediakan waktu untuk anak bermain.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Education

Description

Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal penelitian peer-reviewed open access yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Cendikia menyediakan wadah bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyampaikan dan berbagi pengetahuan dalam ...