Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning berabntuan media video terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Panambangan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Pre-Experimental, tepatnya jenis One Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SD Negeri 1 Panambangan, dengan sampel siswa kelas V yang terdiri dari 45 siswa. Uji validitas soal instrumen dilakukan oleh validator dengan perhitungan menggunakan software SPSS 26 untuk menentukan pretest dan posttest. Data yang diperoleh dari pretest dan posttest dianalisis menggunakan uji-t, yang menghasilkan selisih rata-rata dari pretest dan posttest dengan nilai 18.444, dengan perbedaan nilai signifikan secara statistik pada tingkat kepercayaan 95% dan nilai signifikansi kurang dari < 0,05 yaitu Sig. 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian artinya data Uji-T tersebut berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Panambangan. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar model pembelajaran Discovery learning dengan menggunakan media video dijadikan salah satu alternatif bagi guru untuk mengajar tema pahlawanku maupun pembelajaran lainnya.
Copyrights © 2024