Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 10 (2024): Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Papan Terawang Di Tk Nurul Amanah Cianjur

Tamara, Pamela Ramadhan (Unknown)
Elnawati, Elnawati (Unknown)
Zultiar, Indra (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2024

Abstract

Kemampuan literasi dan numerasi dalam aspek tumbuh kembang anak dapat didefinisikan sebagi aspek yang erat kaitannya dengan aspek perkembangan kognitif. Rendahnya kemampuan literasi numerasi pada suatu lembaga pendidikan disebabkan oleh banyak hal, realisasi contohnya dapat disebutkan dengan bukti kurangnya kulturasi dari guru dalam menyelesaikan suatu masalah yang berkaitan dengan soal literasi numerasi. Salahsatu media pembelajaran yang dapat membantu guru dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik adalah papan terawang (pawang), selain itu media pawang merupakan media pembelajaran yang disenangi peserta didik dan interaktif diterapkan sebagai upaya mengupgrade aspek minat belajar peserta didik. Maka tujuan penelitian ini penulis susun sedemikian rupa adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh metode pembelajaran yang dianggap menarik dan interaktif dalam meningkatkan minat belajar anak dalam pembelajaran literasi dan numerasi di TK Nurul Amanah Cianjur Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK adalah bentuk penelitian yang bertujuan untuk memperbaiki praktik pembelajaran melalui siklus tindakan yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan penggunaan media papan terawang di TK Nurul Amanah Cianjur dapat meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi anak usia 5-6 tahun. pawang dapat meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi. pawang pula dapat membantu memvisualisasikan secara utuh bagaimana suatu konsep atau bentuk, pawang dapat dianggap membantu bilamana ada satu atau beberapa konsep maupun materi yang anak kurang mengeri, maka pawang membantu memvisualisasikan ketidakmengertian anak. Kemampuan literasi dan numerasi anak usia 5-6 tahun setelah menggunakan media Papan Terawang di TK Nurul Amanah Cianjur. pawang antara sebelum diterapkan dan sesudah diterapkan memiliki dampak serta pengaruh yang cukup signifikan. Pengaruh tersebut dapat berupa internal maupu eksternal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Education

Description

Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal penelitian peer-reviewed open access yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Cendikia menyediakan wadah bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyampaikan dan berbagi pengetahuan dalam ...