Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya bahan ajar e-modul berbasis aplikasi yang dipadukan dengan pendekatan kontekstual guna menarik minat belajar siswa terhadap pembelajaran pecahan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-modul pecahan dengan pendekatan kontekstual berbasis aplikasi flipbook maker untuk siswa kelas 3 sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model ADDIE. Pengembangan dilakukan melalui lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu data kualitatif dan data kuantitatif, dengan instrument penelitian lembar validasi ahli (materi, bahasa dan media), angket respon (guru dan siswa), dan tes hasil belajar. Data hasil validasi ahli menunjukan kelayakan produk, data hasil angket respon guru dan siswa terhadap produk menunjukan kepraktisan produk dan untuk menunjukan keefektifan produk melalui pretest dan posttest. E-modul dinyatakan layak berdasarkan hasil dari tiga validator memperoleh rata-rata nilai keseluruhan sebesar 87% dengan kategori “sangat layak”. Uji coba dilakukan pada kelas 3 dengan hasil angket respon siswa dan guru memperoleh rata-rata nilai sebesar 93,95% dengan kategori “sangat praktis”. Hasil pretest dan posttest peserta didik mengalami peningkatan yang signifikan dengan hasil N-gain sebesar 0,93 dengan kategori “terjadi peningkatan tinggi”. Maka dapat disimpulkan bahwa e-modul pecahan layak, praktis dan efektif untuk digunakan siswa kelas 3 di sekolah dasar.
Copyrights © 2024