Abstrak (Indonesia) Mengenal warna merupakan bagian penting dari perkembangan kognitif anak. Mengenal warna pada anak usia 5-6 tahun harus disesuaikan dengan tingkat capaian perkembangannya menurut Permendikbud No. 146 Tahun 2014, kemampuan mengenal kombinasi warna juga perlu dikenalkan pada anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan yang menarik yaitu melalui permainan sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media permainan sains raining rainbow terhadap kemampuan mengenal kombinasi warna pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan one group pretest-posttest design, dimana anak kelas B dievaluasi sebelum dan sesudah bermain sains raining rainbow. Data dikumpulkan melalui instrumen penelitian yang diisi oleh wali kelas. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal kombinasi warna yang signifikan setelah dilakukan permainan sains raining rainbow. Peningkatan ini termasuk hasil posttest yang tinggi dibandingkan hasil pretest. Penelitian ini menunjukkan bahwa media permainan sains raining rainbow efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal kombinasi warna pada anak usia 5-6 tahun. Berdasarkan hasil penelitian dan data yang ada, peneliti dapat menyimpulkan bahwa penggunaan media sains raining rainbow berpengaruh positif terhadap kemampuan mengenal kombinasi warna pada anak usia 5-6 tahun. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil uji hipotesis yang telah dihitung t_hitung yaitu 35,5 dan t_Tabel yaitu 1,77 maka dapat diperoleh t_hitung > t_Tabel atau 35,5 > 1,77 maka ditolak dan diterima sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima.
Copyrights © 2024