Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi penerapan bimbingan kelompok media permainan congklak untuk mengatasi emotional maturity pada siswa kelas 8 di SMP Negeri 17 Surakarta. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah beberapa siswa (9 orang) di kelas 8 SMP Negeri 17 Surakarta. Sumber data yang digunakan diambil dari peserta didik yang mengalami masalah emotional maturity dan Guru BK. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK), penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus secara bertahap. Pada siklus pertama ditemukan dari hasil observasi peneliti dan guru bk ialah sejumlah 65,11% yang dimana hasil tersebut merupakan hasil yang cukup rendah dalam siswa mengontrol emosinya. Pada siklus kedua peneliti menggunakan metode dengan memanfaatkan media permainan congklak (dakon) agar siswa tidak bosan dalam mengikuti bimbingan kelompok dan dalam siklus ini dengan memanfaatkan media permainan tersebut hasil observasi yang didapatkan oleh peneliti dengan guru bk meningkat menjadi 82,24%. Sehingga peneliti ini menyimpulkan bahwa penerapan bimbinagn kelompok melalui media permainan congklak dapat meningkatkan emotional maturity pada peserta didik kelas 8 di SMP Negeri 17 Surakarta secara penuh
Copyrights © 2024