Jurnal Warna
Vol. 7 No. 2 (2023)

PENERAPAN METODE KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK USIA DINI DI RA DARUSSALAM KROYA

Nurhalimah, Nurhalimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini terkait penerapan metode kooperatif STAD untuk meningkatkan minat belajar anak usia dini. Berdasarkan kenyataan permasalahan yang terjadi di RA Darussalam yaitu kurangnya minat belajar pada peserta didik pada waktu pembelajaran berlangsung, maka peneliti melakukan penelitian tersebut. Pendekatan penelitian ini merupakan kualitalitatif menggunakan jenis studi kasus. Data diperoleh menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi. Sumber data penelitian ini yaitu pendidik, tenaga pendidik dan kepala RA. Kemudian data dicek keabsahannya melalui teknik triangulasi. Adapun analisis data menggunakan alur miles dan huberman dengan 1) tahap perencanaan, 2) tahap pelaksanaan, 3) tahap pengamatan dan 4) tahap refleksi. Hasil penelitian ini bahwa penerapan metode kooperatif STAD terdiri dari a) perencanaan pembelajaran; b) pelaksanaan pembelajaran; c) evaluasi pembelajaran. Dari hasil penelitian ini diharapkan penerapan metode kooperatif STAD dapat membentuk serta mewujudkan suasana pembelajaran yang efektif sekaligus memelihara suasana belajar yang kondusif, optimal dan menyenangkan, serta dapat menumbuhkan minat belajar anak lebih semangat lagi dalam proses pembelajaran. Penggunaan metode STAD ini tidak membosankan serta justru akan semakin menarik minat siswa untuk belajar sehingga prestasinya akan semakin meningkat. Selain itu metode ini diharapkan mampu memotivasi peserta didik berkomunikasi, bertukar pikiran mengutarakan pendapat-pendapat mereka secara efektif, bekerjasama antar tim sehingga mereka lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

warna

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Warna: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini aims to provide a forum for consideration of issues and for the exchange of information and ideas on research and practice in the field of early childhood education, especially in Muslim ...