Pengenalan kosakata Bahasa Inggris pada anak usia dini menerapkan metode pendekatan permainan yang menggabungkan konsep permainan dan pembelajaran menggunakan media flashcard. Flashcard tersebut memuat gambar dan kosakata yang digunakan untuk membantu dan mengingat dalam menambah kosakata Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dengan merancang dan mengembangan aplikasi game flashcard berbasis android sebagai media pembelajaran yang interaktif dan menarik. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan Unity sebagai game engine dan menerapkan algoritma Fisher-Yates Shuffle untuk sistem pengacakan kartu flashcard. Metode pengembangan yang digunakan adalah MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang terdiri dari 6 tahapan yaitu Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Hasil pengujian aplikasi menggunakan metode blackbox menunjukkan bahwa aplikasi berjalan sesuai dengan yang diharapankan. Validasi oleh para ahli menunjukkan tingkat validitas sebesar 91% untuk aspek media dan 97% untuk aspek materi. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi telah menerima validasi yang positif dari para ahli dalam bidang media dan materi pembelajaran. Selanjutnya, hasil User Acceptance Testing (UAT) menunjukkan presentase keseluruhan sebesar 86%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa aplikasi game flashcard sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi anak usia dini.
Copyrights © 2024