Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan batik lukis berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kepercayaan diri dan stabilitas emosi siswa sekolah dasar. Kegiatan dilaksanakan di sakah satu SDN di Bantarwaru, Indonesia pada kelas 6. Kepercayaan diri dan stabilitas emosi merupakan aspek penting dalam perkembangan anak usia sekolah dasar. Kurangnya stimulasi kreatif dan aktivitas seni yang berbasis budaya lokal dapat berdampak pada rendahnya rasa percaya diri dan ketidakstabilan emosi siswa. Metode yang digunakan studi kasusĀ denganĀ menerapkanĀ pelatihan teori dan praktik batik lukis, diikuti dengan sesi refleksi untuk mengevaluasi dampak kegiatan terhadap siswa. Hasil pelaksanaan kegiatan dapat membantu siswa lebih berani mengekspresikan diri, merasa bangga terhadap karya yang dihasilkan, serta lebih mampu mengelola emosi mereka. Pelatihan keterampilan batik lukis berbasis kearifan lokal dapat menjadi salah satu solusi edukatif yang efektif dalam mendukung perkembangan psikososial anak sejak dini.
Copyrights © 2025