Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Vol. 3 No. 5 (2025): Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi

PENGARUH PROMOSI SOSIAL MEDIA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA CV AZM INTERIOR PAMULANG TANGERANG SELATAN

Ratnaeni, Ratnaeni (Unknown)
Hadi , Reza Khairul (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada Promosi Sosial Media dan Kualitas Produk baik secara parsial maupun secara simultan terhadap Keputusan Pembelian pada CV AZM Interior Pamulang Tangerang Selatan. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan sampel yang digunakan yaitu sebanyak 93 responden. Uji kelayakan data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana, uji regresi linear berganda, uji determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah Promosi Sosial Media berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, hal ini terbukti dari hasil uji parsial (uji t) dimana hasil dari t-hitung > t-tabel yaitu 11.133 > 1.662 dengan taraf signifikansi 0,0000 < 0,05. Kualitas Produk juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, hal ini terbukti dari hasil uji parsial (uji t) dimana hasil dari t-hitung > t-tabel yaitu 9.610 > 1.662 dengan taraf signifikansi 0,0000 < 0,05. Kemudian Promosi Sosial Media dan Kualitas Produk secara simultan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, hal ini terbukti dari hasil uji simultan (uji F) dimana hasil Fhitung > Ftabel yaitu 73.583 > 3.098 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan uji determinasi diketahui nilai R Square sebesar 0,623. Hal ini menunjukkan bahwa Promosi Sosial Media dan Kualitas Produk memberikan kontribusi terhadap Keputusan Pembelian sebesar 62,4% dan sisanya 37,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

neraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, adalah jurnal nasional peer-review yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi membahas ekonomi dan bisnis dalam ruang lingkup yang luas. Tim redaksi menyambut baik seluruh masyarakat, ...