cover
Contact Name
Awin
Contact Email
Mr.awinwijaya13@gmail.com
Phone
+6282142428742
Journal Mail Official
Wijayagranada@gmail.com
Editorial Address
Jl. Arjuno I/ 1172 Malang
Location
Kab. malang,
Jawa timur
INDONESIA
Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Published by Research Ideas
ISSN : -     EISSN : 30251192     DOI : -
Core Subject : Economy,
Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, adalah jurnal nasional peer-review yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi membahas ekonomi dan bisnis dalam ruang lingkup yang luas. Tim redaksi menyambut baik seluruh masyarakat, terutama akademisi dan peneliti, untuk menyumbangkan dedikasi intelektualnya dalam bentuk artikel asli yang diterbitkan dalam jurnal ini yang belum pernah dipublikasikan di media manapun. Artikel dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.
Articles 5 Documents
XI JINPING DAN TEKNOKRASI PERTAHANAN TIONGKOK: PEMBELAJARAN UNTUK INTEGRASI RISET, INDUSTRI DAN SDM UNGGUL TNI Indra M, Deni; Haryanto , Nur; Susilo , Tarsisius; Budi , I Ketut Setia; Adi S , Agustinus
Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol. 3 No. 7 (2025): Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis model teknokrasi pertahanan Tiongkok di bawah kepemimpinan Xi Jinping serta menggali pembelajaran strategis bagi Indonesia dalam konteks digitalisasi TNI dan reformasi industri pertahanan. Permasalahan utama yang dikaji mencakup tiga aspek: dominasi teknokrat dalam kebijakan pertahanan Tiongkok, integrasi sektor riset–industri–SDM melalui Military-Civil Fusion (MCF), serta implikasi modernisasi PLA terhadap tata kelola pertahanan Indonesia. Kesenjangan antara inovasi pertahanan Tiongkok dan kondisi Indonesia menjadi pijakan kritis penelitian ini. Metode yang digunakan adalah studi kualitatif-deskriptif berbasis analisis dokumen, dengan pendekatan studi kepustakaan terhadap sumber akademik, laporan strategis, kebijakan pemerintah, dan publikasi institusi pertahanan. Penelitian ini menggunakan kerangka teori teknokrasi, mobilisasi sumber daya nasional, modernisasi militer, dan interdependensi strategis untuk menginterpretasikan dinamika kebijakan Xi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan Tiongkok ditopang oleh konsolidasi teknokratik, investasi riset frontier, integrasi universitas–industri–militer, serta digitalisasi struktural PLA. Sementara Indonesia masih menghadapi fragmentasi kelembagaan, ketergantungan impor, dan keterbatasan SDM. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran dari Xi bukan soal imitasi otoritarianisme, tetapi adopsi prinsip integrasi strategis, percepatan inovasi domestik, dan penguatan pendidikan pertahanan berbasis teknologi.
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK GLAD 2 GLOW PADA MAHASISWA STIE TAMAN SISWA JAKARTA Septiana, Dita
Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol. 3 No. 7 (2025): Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Industri skincare Indonesia berkembang pesat dengan hadirnya brand lokal seperti Glad 2 Glow. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian mahasiswa STIE Taman Siswa Jakarta. Temuan diharapkan memberi kontribusi akademis dan strategi bagi pengembangan produk lokal. Dalam studi ini menerapkan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan pada studi ini yaitu pada Mahasiswa STIE Taman Siswa Jakarta dengan jumlah sampel 57 responden dan teknik penentuan sampel menerapkan purposive sampling. Teknik penghimpunan data yang digunakan pada studi ini yakni study pustaka serta angket (kuesioner). Perolehan dari studi ini menunjukan bahwasanya Kualitas Produk memberikan dampak yang signifikan pada Keputusan Pembelian serta uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel (7,988 > 2,004) serta perolehan koefisien determinasi sejumlah 0,537. Harga memberikan dampak yang signifikan pada Keputusan Pembelian serta pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel (7,577> 2,004) serta perolehan koefisien determinasi sejumlah 0,511. Kualitas Produk serta Harga berdampak secara signifikan pada Keputusan Pembelian dengan pengujian hipotesis didapatkan Fhitung > Ftabel atau (37,279> 3,17) dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,58.
ANALISIS PENERAPAN SUSTAINABILITY PROCUREMENT PADA BARANG GENERAL DI HOTEL “XYZ” NUSA DUA BALI Pradana, I Made Aditya; Sumariati , I Dewa Ayu Rai; Rukmiyati , Ni Made Sri
Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol. 3 No. 7 (2025): Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan sustainability procurement pada barang general di Hotel “XYZ” Nusa Dua Bali. Sustainability Procurement merupakan program pengadaan barang dan jasa yang mempertimbangkan aspek lingkungan, sosial, dan ekonomi secara berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hotel telah menerapkan praktik sustainability procurement untuk barang general dengan pedoman Responsible Sourcing Indicators. Hotel mulai menerapkan praktik sustainability procurement pada tahun 2023 untuk barang general secara bertahap dengan lima kategori dari sepuluh indikator Responsible Sourcing Indicators yaitu air kemasan (bottle water), perlengkapan kebersihan (cleaning supplies), perlengkapan kamar tamu (guest room amenities), produk kertas (paper products) dan tekstil (textile). Implementasi ini berdampak pada peningkatan biaya sebesar 50.7% pada awal peralihan penerapan sustainability procurement, namun pada tahun berikutnya hanya terjadi peningkatan 8.6% karena adanya optimalisasi dalam pengadaan dan program cluster procurement. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pelaku industri perhotelan dalam menerapkan strategi mengenai implementasi sustainability procurement, serta memberikan manfaat praktis dan teoritis terhadap keberlanjutan operasional hotel.
PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. INTER KREASI SELARAS JAKARTA Mulyani, Puja Dwi; Setyaningsih , Eka Dyah; Islami , Vina
Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol. 3 No. 7 (2025): Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sumber daya manusia memiliki peran strategi dalam menentukan keberhasilan operasional dan daya saing perusahaan. Dua faktor utama yang memengaruhi kinerja karyawan adalah motivasi kerja dan gaya kepemimpinan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kedua variabel tersebut terhadap kinerja karyawan PT. Inter Kreasi Selaras Jakarta, baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik sampling jenuh, melibatkan seluruh populasi sebanyak 50 orang sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 27. Hasil analisa menunjukkan bahwa motivasi kerja dan gaya kepemimpinan masing-masing berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kinerja karyawan, ditunjukkan oleh nilai T hitung 2,131 dan 2,465 yang lebih besar dari T tabel 2,012 serta tingkat signifikansi 0,038 dan 0,017. Secara simultan, keduanya juga berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai F hitung 12,126 > F tabel 3,20 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Persamaan regresi Y = 11,727 + 0,238 X1 + 0,272 X2 menunjukkan bahwa peningkatan pada motivasi kerja maupun gaya kepemimpinan akan mendorong kinerja yang lebih baik.
Determinan Nilai Perusahaan Dimoderasi Islamic Social Reporting (ISR) Novella, Dewi Sylky Dyan; Setyowati , Supami Wahyu; Wati , Rita Indah Mustiko
Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol. 3 No. 7 (2025): Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah hubungan sales growth, investment opportunity set, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dimoderasi ISR pada perusahaan JII periode 2017-2021. Metode penelitian yaitu pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan perusahaan JII periode 2017-2021. Sampel penelitian ini terdapat 11 perusahaan yang didapat dari purposive sampling. Teknik analisa data menggunakan Path Analysis dan alat analisis Patrial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh ukuran perusahaan, sales growth, dan investment opportunity set terhadap nilai perusahaan. ISR dapat memoderasi sales growth terhadap nilai perusahaan. ISR tidak dapat memoderasi investment opportunity set terhadap nilai perusahaan. ISR bisa memoderasi ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5