cover
Contact Name
Awin
Contact Email
Mr.awinwijaya13@gmail.com
Phone
+6282142428742
Journal Mail Official
Wijayagranada@gmail.com
Editorial Address
Jl. Arjuno I/ 1172 Malang
Location
Kab. malang,
Jawa timur
INDONESIA
Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Published by Research Ideas
ISSN : -     EISSN : 30251192     DOI : -
Core Subject : Economy,
Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, adalah jurnal nasional peer-review yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi membahas ekonomi dan bisnis dalam ruang lingkup yang luas. Tim redaksi menyambut baik seluruh masyarakat, terutama akademisi dan peneliti, untuk menyumbangkan dedikasi intelektualnya dalam bentuk artikel asli yang diterbitkan dalam jurnal ini yang belum pernah dipublikasikan di media manapun. Artikel dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.
Articles 435 Documents
XI JINPING DAN TEKNOKRASI PERTAHANAN TIONGKOK: PEMBELAJARAN UNTUK INTEGRASI RISET, INDUSTRI DAN SDM UNGGUL TNI Indra M, Deni; Haryanto , Nur; Susilo , Tarsisius; Budi , I Ketut Setia; Adi S , Agustinus
Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol. 3 No. 7 (2025): Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis model teknokrasi pertahanan Tiongkok di bawah kepemimpinan Xi Jinping serta menggali pembelajaran strategis bagi Indonesia dalam konteks digitalisasi TNI dan reformasi industri pertahanan. Permasalahan utama yang dikaji mencakup tiga aspek: dominasi teknokrat dalam kebijakan pertahanan Tiongkok, integrasi sektor riset–industri–SDM melalui Military-Civil Fusion (MCF), serta implikasi modernisasi PLA terhadap tata kelola pertahanan Indonesia. Kesenjangan antara inovasi pertahanan Tiongkok dan kondisi Indonesia menjadi pijakan kritis penelitian ini. Metode yang digunakan adalah studi kualitatif-deskriptif berbasis analisis dokumen, dengan pendekatan studi kepustakaan terhadap sumber akademik, laporan strategis, kebijakan pemerintah, dan publikasi institusi pertahanan. Penelitian ini menggunakan kerangka teori teknokrasi, mobilisasi sumber daya nasional, modernisasi militer, dan interdependensi strategis untuk menginterpretasikan dinamika kebijakan Xi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan Tiongkok ditopang oleh konsolidasi teknokratik, investasi riset frontier, integrasi universitas–industri–militer, serta digitalisasi struktural PLA. Sementara Indonesia masih menghadapi fragmentasi kelembagaan, ketergantungan impor, dan keterbatasan SDM. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran dari Xi bukan soal imitasi otoritarianisme, tetapi adopsi prinsip integrasi strategis, percepatan inovasi domestik, dan penguatan pendidikan pertahanan berbasis teknologi.
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK GLAD 2 GLOW PADA MAHASISWA STIE TAMAN SISWA JAKARTA Septiana, Dita
Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol. 3 No. 7 (2025): Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Industri skincare Indonesia berkembang pesat dengan hadirnya brand lokal seperti Glad 2 Glow. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian mahasiswa STIE Taman Siswa Jakarta. Temuan diharapkan memberi kontribusi akademis dan strategi bagi pengembangan produk lokal. Dalam studi ini menerapkan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan pada studi ini yaitu pada Mahasiswa STIE Taman Siswa Jakarta dengan jumlah sampel 57 responden dan teknik penentuan sampel menerapkan purposive sampling. Teknik penghimpunan data yang digunakan pada studi ini yakni study pustaka serta angket (kuesioner). Perolehan dari studi ini menunjukan bahwasanya Kualitas Produk memberikan dampak yang signifikan pada Keputusan Pembelian serta uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel (7,988 > 2,004) serta perolehan koefisien determinasi sejumlah 0,537. Harga memberikan dampak yang signifikan pada Keputusan Pembelian serta pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel (7,577> 2,004) serta perolehan koefisien determinasi sejumlah 0,511. Kualitas Produk serta Harga berdampak secara signifikan pada Keputusan Pembelian dengan pengujian hipotesis didapatkan Fhitung > Ftabel atau (37,279> 3,17) dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,58.
ANALISIS PENERAPAN SUSTAINABILITY PROCUREMENT PADA BARANG GENERAL DI HOTEL “XYZ” NUSA DUA BALI Pradana, I Made Aditya; Sumariati , I Dewa Ayu Rai; Rukmiyati , Ni Made Sri
Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol. 3 No. 7 (2025): Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan sustainability procurement pada barang general di Hotel “XYZ” Nusa Dua Bali. Sustainability Procurement merupakan program pengadaan barang dan jasa yang mempertimbangkan aspek lingkungan, sosial, dan ekonomi secara berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hotel telah menerapkan praktik sustainability procurement untuk barang general dengan pedoman Responsible Sourcing Indicators. Hotel mulai menerapkan praktik sustainability procurement pada tahun 2023 untuk barang general secara bertahap dengan lima kategori dari sepuluh indikator Responsible Sourcing Indicators yaitu air kemasan (bottle water), perlengkapan kebersihan (cleaning supplies), perlengkapan kamar tamu (guest room amenities), produk kertas (paper products) dan tekstil (textile). Implementasi ini berdampak pada peningkatan biaya sebesar 50.7% pada awal peralihan penerapan sustainability procurement, namun pada tahun berikutnya hanya terjadi peningkatan 8.6% karena adanya optimalisasi dalam pengadaan dan program cluster procurement. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pelaku industri perhotelan dalam menerapkan strategi mengenai implementasi sustainability procurement, serta memberikan manfaat praktis dan teoritis terhadap keberlanjutan operasional hotel.
PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. INTER KREASI SELARAS JAKARTA Mulyani, Puja Dwi; Setyaningsih , Eka Dyah; Islami , Vina
Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol. 3 No. 7 (2025): Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sumber daya manusia memiliki peran strategi dalam menentukan keberhasilan operasional dan daya saing perusahaan. Dua faktor utama yang memengaruhi kinerja karyawan adalah motivasi kerja dan gaya kepemimpinan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kedua variabel tersebut terhadap kinerja karyawan PT. Inter Kreasi Selaras Jakarta, baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik sampling jenuh, melibatkan seluruh populasi sebanyak 50 orang sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 27. Hasil analisa menunjukkan bahwa motivasi kerja dan gaya kepemimpinan masing-masing berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kinerja karyawan, ditunjukkan oleh nilai T hitung 2,131 dan 2,465 yang lebih besar dari T tabel 2,012 serta tingkat signifikansi 0,038 dan 0,017. Secara simultan, keduanya juga berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai F hitung 12,126 > F tabel 3,20 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Persamaan regresi Y = 11,727 + 0,238 X1 + 0,272 X2 menunjukkan bahwa peningkatan pada motivasi kerja maupun gaya kepemimpinan akan mendorong kinerja yang lebih baik.
Determinan Nilai Perusahaan Dimoderasi Islamic Social Reporting (ISR) Novella, Dewi Sylky Dyan; Setyowati , Supami Wahyu; Wati , Rita Indah Mustiko
Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol. 3 No. 7 (2025): Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah hubungan sales growth, investment opportunity set, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dimoderasi ISR pada perusahaan JII periode 2017-2021. Metode penelitian yaitu pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan perusahaan JII periode 2017-2021. Sampel penelitian ini terdapat 11 perusahaan yang didapat dari purposive sampling. Teknik analisa data menggunakan Path Analysis dan alat analisis Patrial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh ukuran perusahaan, sales growth, dan investment opportunity set terhadap nilai perusahaan. ISR dapat memoderasi sales growth terhadap nilai perusahaan. ISR tidak dapat memoderasi investment opportunity set terhadap nilai perusahaan. ISR bisa memoderasi ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan.
EFEKTIVITAS CONTENT MARKETING MELALUI INSTAGRAM ERAFONE: STUDI KASUS @ERAFONESTORES_BOGOR Zalianty, Azzahra; Rizan , Mohamad; Kasofi , Adnan
Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol. 3 No. 6 (2025): Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi tingkat efektivitas content marketing melalui Instagram @erafonestores_bogor terhadap produk Erafone. Pada metode penelitian ini menggunakkan pendekatan kuantitatif dan diukur menggunakkan skala likert. Populasi penelitian menggunakkan pengikut akun @erafonestores_Bogor dan pernah melakukan interaksi di instagram. Jumlah sampel yang diambil adalah 150 orang dengan menggunakkan metode purposive sampling untuk memenuhi kriteria sebagai pengikut aktif dan pernah berinteraksi dengan akun tersebut. Pengumpulan data penelitian dilakukan secara daring melalui penyebaran kuesioner melalui internet menggunakan Google Form dan analisis data dilakukan menggunakan bantuan perangkat lunak SPSS (Statistical Program for Social Science). Berikut hasil dalam penelitian yang menekankan bahwa 3 dimensi seperti, Strategy, Activity, dan Result terbukti sangat efektif dalam menunjang efektivitas content marketing melalui akun Instagram @erafonestores_Bogor.
ANALISIS KINERJA KEUANGAN BANK BUMN INDONESIA PADA MASA DAN PASCA PANDEMI COVID-19 Varadila, Andi Lia
Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol. 3 No. 7 (2025): Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja keuangan pada bank BRI, BNI, BTN dan Mandiri yang tergabung dalam bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) . Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dari laporan keuangan keempat bank tersebut periode tahun 2022-2024 yang diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia (BEI) www.idx.co.id. Laporan keuangan tersebut kemudian dikaji menggunakan Rasio BOPO, ROA, dan NIM. Metode analisis data yang digunakan adalah metode kualitatif dengan analisis tren yaitu penelitian dengan pemahaman mendalam non statistis melalui perhitungan analsis kinerja keuangan menggunakan rasio disertai dengan membandingkan laporan keuangan pada beberapa periode pada suatu waktu tertentu. Dari hasil analisis tersebut dapat diketahui bahwa penilaian selama periode 2022-2024 dari rasio ROA meningkat lalu menurun, berada dalam indikator kesehatan yang sangat baik, rasio BOPO menurun lalu meningkat, berada dalam indikator kesehatan yang sangat baik, serta rasio NIM yang menurun lalu kembali menrun namun dalam perhitungan angka rasio yang lebih baik dari sebelumnya, berada dalam indikator kesehatan yang tidak baik-baik saja.
PERANAN ZAKAT DALAM PENGEMBANGAN UMKM KOTA DEPOK (STUDI KASUS PROGRAM ZAKATUNTUK UMKM DI LAZISMU KOTA DEPOK) Azhar, Mohamad Aulya; Saputra, Refki; Hasan, Nur
Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol. 3 No. 7 (2025): Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme pendistribusian zakat untuk UMKM kota Depok, strategi program pengelolaan dana zakat untuk pengembangan UMKM di kota Depok, dan pencapaian dari program zakat dalam pengembangan UMKM di kota Depok. Secara keseluruhan dapat di tarik kesimpulan bahwa, mekanisme pendistribusian zakat untuk UMKM kota Depok oleh LAZISMU kota Depok ada 2 macam : 1.) Apabila UMKM membutuhkan modal usaha maka LAZISMU kota Depok akan memberikan modal untuk usaha UMKM tersebut, 2.) Pemberian barang yang dibutuhkan untuk usaha UMKM.
IMPLEMENTASI DASAR AKUNTANSI DAN INVESTASI DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN PRIBADI SISWA/I SMK IT ARAFAH CITRA NUSANTARA UNTUK MENYUSUN RENCANA KEUANGAN Arigawati, Desy; Simbolon, Merintan Berliana; Nugroho, Moh. Taufan; Nandicka, Fatimah Azzahra; Rahmalia, Putri; Putri, Estiatma Caraolia; Sukma, Mutiara; Azahra, Fitri; Ramadhan, Wahyu; Susanti, Anjar; Rangkuti, Alfi Syahri
Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol. 3 No. 4 (2025): Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Akuntansi dalam investasi pengelolaan keuangan pribadi adalah proses pencatatan, pengelompokan, dan pelaporan transaksi keuangan individu yang berkaitan dengan investasi untuk mendukung penyusunan rencana keuangan yang terorganisasi dan berkelanjutan. Pengelolaan keuangan pribadi merupakan keterampilan penting yang perlu dimiliki siswa sejak dini untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan dasar-dasar akuntansi dan konsep investasi dalam pengelolaan keuangan pribadi siswa-siswi SMK IT Arafah Citra Nusantara. Melalui pendekatan berbasis praktik dan studi kasus, siswa diajarkan bagaimana mencatat pendapatan dan pengeluaran, menyusun laporan keuangan sederhana, serta merancang rencana keuangan jangka pendek dan jangka panjang. Selain itu, konsep dasar investasi diperkenalkan untuk memberikan wawasan tentang pentingnya alokasi dana yang optimal dan potensi pengembangan aset di masa depan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode ini secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa terhadap pentingnya manajemen keuangan pribadi serta kemampuan mereka dalam menyusun rencana keuangan yang realistis. Dengan pendekatan ini, diharapkan siswa memiliki landasan yang kuat untuk menghadapi tantangan ekonomi di masa mendatang.
PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, KOMISARIS INDEPENDEN DAN COMPANY SIZE TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi Empiris pada perusahaan Industri Consumer non cyclicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019 - 2023) Amalita, Firda; Yazid, Abu
Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol. 3 No. 4 (2025): Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Corporate Sosial Responsibility (CSR), Komisaris Independen dan Company Size terhadap Tax Avoidance pada perusahaan industri consumer non cyclicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019 - 2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan sumber data sekunder. Dengan menggunakan metode purposive sampling berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Corporate Sosial Responsibility (CSR), Komisaris Independen dan Company Size secara simultan berpengaruh terhadap Tax Avoidance. Variable Corporate Sosial Responsibility (CSR) menunjukan secara parsial tidak berpengaruh terhadap Tax Avoidance. Variable Komisaris Independen secara parsial menunjukan berpengaruh terhadap Tax Avoidance dan Variable Company Size secara parsial menunjukan berpengaruh terhadap Tax Avoidance.

Page 1 of 44 | Total Record : 435